TUGAS MANDIRI
NAMA :
DOSEN : Dr. Sri Leatri Susilawati, MA
1). INTERPRETASI KUADRAN
(perhitungan
dikerjakan pada file excel)
A.
Concentrate Here (konsentrasi di sini). Faktor-faktor
yang terletak dalam kuadran ini adalah atribut nomor 1, 2, dan 5 yaitu
1 > Ketepatan Keberangkatan dan Waktu Tiba
2 > Tanggap terhadap keluhan penumpang
5 > Cepat tanggap dalam menghadapi masalah
Faktor 1) yaitu
Ketepatan keberangkatan dan waktu tiba, faktor 2) yaitu Tanggap
terhadap keluhan penumpang dan factor 5) yaitu Cepat tanggap dalam menghadapi masalah dianggap sebagai
faktor yang Penting dan atau Diharapkan oleh konsumen tetapi kondisi Persepsi
dan atau Kinerja Aktual perusahaan yang ada saat ini belum dapat memuaskan.
B.
Keep up with the good work (pertahankan prestasi). Faktor-faktor
yang terletak pada kuadran ini
3 > Keamanan dan kenyamanan
4 > Pelayanan ramah dan siap menolong
7
> Kebersihan
dan kerapian
Faktor
7) yaitu Kebersihan dan kerapian dianggap Penting dan Diharapkan sebagai faktor
penunjang bagi kepuasan konsumen dan konsumen saat ini puas dengan perusahaan
untuk hal ini
C. Low Priority (prioritas rendah). Faktor-faktor
yang terletak pada kuadran ini
9
> Penataan eksterior dan interior bus yang baik
10 > Memberikan perhatian secara individu
Faktor
atribut 10) yaitu Memberikan perhatian secara individu, mempunyai tingkat
Persepsi atau Kinerja Aktual yang rendah sekaligus dianggap tidak terlalu
Penting dan atau terlalu Diharapkan oleh konsumen
D.
Possibly Overkill (terlalu berlebih). Faktor-faktor
yang terletak pada kuadran ini
6 > Pengetahuan
dan kecakapan staff
8 > Komunikasi yang efektif dengan penumpang
Faktor
6) yaitu pengetahuan dan kecakapan staff dan factor 8) yaitu komunikasi yang
efektif dengan penumpang dianggap penting oleh perusahaan namun dianggap Tidak
Terlalu Penting dan atau Tidak Terlalu Diharapkan oleh konsumen.
2). IMPLIKASI
MANAJERIAL
Pertama Pihak
manajemen Perusahaan Bus “Putra Remaja” perlu melakukan perbaikan waktu keberangkatan
agar tepat, jika perlu melakukan penggantian dana kepada penumpang apabila bus
berangkat terlambat dalam jangka waktu tertentu. Memberikan informasi tentang komitmen “TEPAT
WAKTU” di iklan/dalam melakukan promosi.
Kedua
Memberikan
perhatian yang tinggi dengan melakukan training kepada karyawan agar mampu
memberikan pelayanan yang “Tanggap
terhadap keluhan penumpang” dan “Cepat tanggap dalam menghadapi masalah”. Konsumen akan
dapat merasakan kepuasan yang diharapkannya.
Ketiga Pihak manajemen berkewajiban memastikan bahwa Kebersihan
dan kerapian dapat terus dicapai.
Keempat Pihak manajemen pada akhirnya memperoleh
dampak dari pengeluaran melakukan perbaikan-perbaikan di atas dengan kepuasan
konsumen dimana konsumen akan kembali lagi untuk menggunakan “Bus Putra Remaja”
No comments:
Post a Comment